entry image

Terima Kunjungan Study Tiru dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, TambahIlmu Tambah "Paseduluran."


DISTAPANG - SMG. Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang terima kunjungan "Study Tiru" dari DInas Pertanian dan Pangan Kota Magelang pada hari Rabu, 6 Februari 2019.

Dalam kunjungannya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang yang diwakili oleh Bapak M. Mahfud (Ka.Bid Ketersediaan Pangan Disperpan Kota Magelang), Ibu Lina Wanti dan Ibu Titi Lestari menyampaikan rasa terimakasihnya pada pihak Dinas Ketahanan Pangan yang telah menerima dengan sangat antusias dan persiapan luar biasa diluar dugaan mereka.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang yang diwakili Bapak Sekretaris Dinas, Drs. Budi Tjahjanto, S.H, M.Hum. mengucapkan “Selamat Datang” pada pihak Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang atas kehadirannya, dilanjutkan paparan singkat Tupoksi Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang serta gambaran umum tentang capaian, tantangan, hambatan, dan solusinya selama ini. Dalam sambutan penerimaan Study Tiru ini, Bapak Sek. Din didampingi beberapa Kepala Seksi yang mewakili 4 Bidang di Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang : Bidang Ketersediaan dan Kewaspadaan Pangan; Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan; Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan; dan Bidang Kemanaan Pangan.

Masing-masing seksi di Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang memaparkan program dan kegiatan terkait Ketahanan Pangan yang sudah terlaksana ditahun 2018 dan yang akan dijalani ditahun 2019 nanti. Antara lain tentang sistem pengambilan data ketersediaan pangan di kota Semarang, sistem penyimpanan dan pendistribusian cadangan pangan,  tentang pangan lokal yang B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman) dan trik dalam mensosialisasikannnya pada masyarakat, tentang sistem pengawasan keamanan pangan, serta bagaimana membangun jejaring keamanan dan jejaring ketahanan pangan yang menggandeng OPD terkait di Kota Semarang.

Sesi tanya jawab berjalan dengan suasana penuh kekeluargaan, saling sharing pengetahuan dan pengalaman antara Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang. Dan diakhiri dengan peninjauan lokasi untuk melihat secara langsung ruang kerja yang ada di Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang terutama ruang "Minilab" yang digunakan untuk uji lab sederhana terhadap pangan yang beredar di masyarakat. #Bergerak bersama,#Semarang Hebat.