entry image

Rapat Monitoring Ketersediaan Pangan Kota Semarang


DISTAPANG SEMARANG. Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang bekerjasama Perum Bulog Sub Divre Semarang, Dinas Pertanian Kota Semarang, Dinas Perdagangan Kota Semarang guna montoring ketersediaan pangan kota Semarang (Senin, 28 Januari 2019)

Berlangsung di "Ruang Rapat Bidang" milik Dinas Ketahanan Pangan rapat dipimpin oleh Ka. Bid Ketersediaan dan Kewaspadaan Pangan, A. Arief Pramudiyanto, S.E beliau menyampaikan sambutan bahwa pada intinya memohon kerjasama Dinas-dinas terkait untuk berbagi data yang dibutuhkan Dinas Ketahanan Pangan dalam menyusun database ketersediaan pangan di kota Semarang, yang pada gilirannnya nanti dapat menjadi acuan untuk membuat FSVA (Food Security and Vulnerability Atlas) dimana hal ini sebagai salah satu rujukan dalam menetapkan lokasi program ketahanan pangan.

Rapat koordinasi kali mendiskusikan teknis pengambilan data ketersediaan pangan tahun 2018 di kota Semarang yang berpenduduk sekitar 1,8 juta. Juga dibahas. Didalam rapat yang dibahas temasuk stok ketersediaan barang, jumah penduduk kota Semarang, ketersediaan barang di distributor/ toko, jenis ragam barang, data ketersediaan barang Bulog. Data-data tersebut sangat dibutuhkan Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang dalam membuat Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atlas0FSVA). FSVA merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis dari hasil analisa data indikator kerentanan terhadap kerawanan pangan.

Untuk itulah Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang berharap kehadiran Perum Bulog Sub Divre Semarang, Dinas Pertanian Kota Semarang, Dinas Perdagangan Kota Semarang berkenan diajak kerjasama dalam share data-data dalam kaitan memetakan ketersediaan pangan kota Semarang. Sebagai misal perlunya data stok beras dari Bulog pada bulan desember 2018. Selain beras, komoditas barang yang ada di Bulog terdapat minyak, daging, gula, jagung. Sementara itu informasi data  Importir dan Eksportir di kota Semarang bisa didapat dari Dinas Perdagangan Kota Semarang. Untuk data stok pangan daging, telor dan ayam didapatkan dari Dinas Peternakan. Untuk data pangan holtikultura bisa didapat dari Dinas Pertanian.

Kerjasama dalam melaksanakan monitoring ketersediaan pangan di kota Semarang  ini sangat dibutuhkan soliditasnya demi menjamin akurasi data sehingga diharapkan menjadi dasar dalam menentukan program dan kebijakan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Semarang. Bergerak bersama, Semarang hebat. (***)